728x90 AdSpace

  • Latest News

    Powered by Blogger.
    Thursday, October 30, 2014

    Saat SMA, Susi Tinggal di Kos dan Selalu Jalan Kaki ke Sekolah

    YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sebelum mulai berbisnis jual beli ikan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pernah mengenyam pendidikan di salah satu sekolah terbaik di Yogyakarta, SMAN 1. Namun, ketika kelas 2 SMA, perempuan kelahiran Pangandaran, 15 Januari 1965, itu memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolahnya. 

    "Iya benar, Ibu Susi pernah bersekolah di sini (SMAN 1 Yogyakarta), masuk tahun ajaran 1980. Tapi, dari data hanya sampai kelas 2," ujar Subadiono, Wakil Kepala Urusan Humas SMAN 1 Yogyakarta, Rabu (29/10/2014) siang.

    Subandiono mengungkapkan, tidak banyak cerita yang bisa diutarakan soal Susi Pudjiastuti selama menimba ilmu di SMAN 1 Yogyakarta karena guru-guru dan karyawan yang berkarya di SMAN 1 Yogyakarta pada tahun 1980-an sudah pensiun.

    "Guru-guru saat Bu Susi sekolah sudah pensiun. Kepala sekolahnya juga sudah almarhum," ungkapnya.

    Namun, dari data diri siswa, selama belajar di SMAN 1 Yogyakarta, Susi Pudjiastuti tinggal di rumah kos-kosan di Jalan Gampingan Baru No 10. Lokasinya sekitar 200 meter di utara sekolah.

    "Ibu Susi berangkat ke sekolah dengan berjalan kaki," ucapnya.

    Bahkan, lanjutnya, alasan Susi Pudjiastuti saat itu tidak meneruskan studinya di dalam catatan sekolah hanya tertulis keluar. Tidak ada catatan alasan keluar lebih lengkap.

    "Menilik dari nilainya biasa-biasa saja, sama dengan siswa yang lain. Ya standarlah," tandasnya.

    Setelah sekian lama tak ada komunikasi, hubungan sekolah dengan Susi kembali terjalin ketika siswa SMAN 1 study tour ke Pangandaran. Saat studi di perusahaan ikan di sana, rombongan bertemu dengan pemiliknya, yang ternyata adalah Susi.

    "Tidak sengaja ketemu saat study tour di Pangandaran. Pemiliknya ternyata Ibu Susi dan cerita kalau pernah belajar di SMAN 1," kata Subandiono.

    Saat dikunjungi oleh siswa SMAN 1, Susi langsung memberikan ilmu dan pengalaman kepada adik-adiknya.

    "Dia bagus, menerima kami dengan baik. Dia banyak cerita, berbagi pengalaman dengan adik-adiknya di SMAN 1 Yogyakarta," pungkasnya.


    Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

    Penulis: Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma
    Editor: Caroline Damanik
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Item Reviewed: Saat SMA, Susi Tinggal di Kos dan Selalu Jalan Kaki ke Sekolah Rating: 5 Reviewed By: Jazari Abdul Hamid
    Scroll to Top